1.6.09

Berendam sejenak menghilangkan penat

Ya siapa yang tak ingin berendam berilekasasi menghilangkan penat di sumber air panas alami, siapa bilang tempat seperti ini tidak ada di Tuban. Pemandian air panas Prataan merupakan tempat yang passs berileksasi, pemandian air belerang panas ini terdapat di Desa Parangbatu, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, berada di kawasan hutan jati milik Perum Perhutani Unit II Jawa Timur. Tepatnya berada di kawasan hutan lindung Parengan di ketinggian sekitar 400 meter dari permukaan laut.


Pemandian Prataan menjadi salah satu daerah wisata unggulan di Tuban meski ada pemandian air panas lainnya, seperti Sendang Kejuron di Dusun Mojo, Desa Sidorejo, Kecamatan Bangilan, serta Bektiharjo di Kecamatan Semanding.

Disekeliling pemandian ini terdpat Hutan jati yang rata-rata berumur di atas 50 karena secara administratif wilayahnya masuk Kesatuan Pemangkuan Hutan Perhutani Parengan. Pemandian air panas??? wah tidak sepenuhny apanas lo di tempat ini disediakan 12 bilik yang dilengkapi dua buah keran. Salah satunya keran air dingin. Anda bisa mencampurnya sehingga sesuai dengan tingkat kehangatan yang Anda butuhkan. Karena keterbatasan jumlah bilik, pengunjung harus antre (waduhhh). Disediakan pula fasilitas kolam renang 40 x 15 meter bagi pengunjung yang ingin berenang di air dingin, yang bersumber dari mata air di sekitar lokasi.

Kebanyakan dari pengunjung pemandian ini merupakan orang yang memiliki gangguan kesehatan, mungkin karena mereka percaya bahwa kehangatan air belerang sekitar 50 derajat Celsius, yang disertai kepulan asap, dan dapat memancing keringat bercucuran ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti gatal atau penyakit kulit lainnya, pegal linu bahkan stroke. namun disarankan bagi pengidap penyakit jantung atau pernafasan dilarang berendam melebihi 15 menit karena akan terganggu dengan uap air panas prataan ini.



Seperti dlansir disitus perhutani Pengunjung pemandian air panas Prataan ini dipungut biaya retribusi masuk Rp2.000, Sedangkan biaya parkir ditanggung sendiri untuk parkir motor Rp1.500 sedangkan mobil Rp3.000 kalu untuk sepeda bisa dikunci sendiri sedangkan tempatnya bisa diletakan disemak-semak, atau dinaikan diatas pohon biar aman he he he, Eit jangan sembarangan mandi bilas karena ada biaya sendiri yaitu Rp2.000, untuk sewa petak kamar bagi yang ingin mandi sendiri Rp 2.000, VIP kaliii, sedangkan mandi atau berenang di kolam Rp1.500 atau gratis bagi Anda yang menyerobot.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by ║TUBAN║☻MY LIFE and MY FUTURE☻