18.4.09

Air Tejun Nglirip

Salah satu wisata bahari yanng mengagumkan di Tuban adalah Air Terjun Nglirip, Air terjun dengan tinggi sekitar 30 meter dan lebar 28 meter ini berada di desa Mulyoagung Kecamatan Singgahan kurang lebihnya 35 KM arah barat daya dari Kota Tuban. Terletak didaerah yang masih sangat alami dengan pemandangan sekitarnya yang hijau serta medan yang cukup sulit untuk mengunjunginya, membuat para wisatawan merasakan keunikan dan kepuasan tersendiri.



Rasa lelah dalam perjalanan dengan disuguhi pepohonan nan hijau dan air jernih berjatuhan deras dari atas membuat suatu sungai kecil yang tampak hijau membuat siapapun tak akan tahan untuk cepat-cepat bermandi ria. Huiiih segar banget tentunya wisata bahari dengan sekelompok kawan kecil tanpa keramaian orang membuat kita serasa kembali ke alam (back to nature).Keunikan lain dari air terjun nglirip adalah terdapat sebuah goa yang cukup besar tepat dibalik derasnya air yang berjatuhan. konon menurut masyarakat di Goa itu hidup roh seorang wanita yang sedang menunggu kekasihnya, sesekali wanita tersebut keluar dari goa dan masuk dalam kerumunan masyarakat sekitar seperti berbelanja di pasar dll, percaya atau tidak terserah anda karena sampai saat ini belum ada seseorangpun yang mengetahui wajah roh wanita ini. Namun mitos ini tidak bakalan membuat bulu kuduk anda berdiri dengan menikmati keindahan air terjun nglirip ini. Dari air terjun Nglirip menuju ke arah timur terdapat sumber air krawak, sumber air ini keluar dengan deras di tepian sungi dengan lokasi yang masih perawan belum ada bangunan apapun, sepertinya ini juga bisa digunakan tempat untuk bermandi ria ya... he he he.

Sangat disayangkan air terjun nglirip ini sudah tidak mendapat perhatian dari masyarakat. Apalagi dengan digunakannya sumber air kerawak yang berada di goa terus sebagai kebutuhan air bersih sekitar dua ribuan kepala keluarga, akibatnya dari tahun ketahun debit air terjun Nglirip semakin menyusut. Dengan ditutupnya goa putri asih yag rawan longsor dan berkembangnya wisata modern seperti WBL Lamogan membuat pengunjung air terjun Nglirip semakin merosot, namun menurut saya dengan pengunjung yang sepi membuat berwisata disini semakin natural apalagi pihak perhutani menegaskan dari 12 sumber air kerawak 5 buah yang mati masih bisa diselamatkan.






2 komentar:

Anonim mengatakan...

kamu belum tau mitosnya air terjun ini yaa..

klo belum aku britau yaa...



katanya klo da dua sejoli yang belum terikat pernikahan ,,pergi berduaan ke air terjun ini...

katanya hubungan mereka nggak bakal langgeng...

katanya sih...

Anonim mengatakan...

hey leh knalan g?rmhmu tuban mana?q jg orng tuban lho..klo rmah q dketny laut..klo km???

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by ║TUBAN║☻MY LIFE and MY FUTURE☻