1.6.09

Kuil Kepiting

Klenteng atau rumah ibadat umat tri dharma Kwan Sing Bio merupakan klenteng tersohor di Indonesia. Sebagai klenteng yang langsung menghadap ke Laut dan merupakan klenteng terbesar di Indonesia membuat klenteng yang biasa disebut kuil kepiting ini sudah tak asing terdengar ditelinga warga Tuban. Lokasi klenteng ini sangat strategis yaitu di jalur pantura, tepatnya di jalan R.E Martadinata I, desa Karangsari, kecamatan Tuban, dekat terminal lama.




Klenteng Kwan Sing Bio memiliki ciri khusus yaitu terdapat sebuah patung kepiting yang langsung menghadap kelaut, ciri inilah yang menjadi identik dan sebagai lambang Klenteng Kwan Sing Bio, mungkin dari sinilah asal mula julukan kuil kepiting.



Memasuki klenteng Kwan Sing Bio anda langsung disuguhi dengan aroma harum dan menyengat, aroma yang berasal dari asap dupa ini selalu menyelimuti halaman depan klenteng karena disinilah para umat tri dharama melakukan upacara peribadatan. Melihat disekeliling halaman depan terdapat sebuah kendi raksasa dan disebelah kira terdapat suatu gedung yang diatasnya digunakan untuk pertunjukan wayang china. pertunjukan yang layaknya seperti wayang golek dari jawa perbedaannya adalah pakaian dari tokoh wayannya merupakan pakaian dari china begitu juga bahasa yang digunakan merupakan bahasa tionghoa.



Berjalan ke selatan semakin terlihat bangunan dengan ornamen-ornamen khas china yang menjadi ciri khas bangunan klenteng, patung-patung dewa berjejer rapi, patung-patung ini merupakan sumbangan dari umat tri dharma diseluruh Indonesia kalau tidak percaya datang sendiri dan lihat tulisan dibawah patungnya, ini merupakan bukti bahwa klenteng Kwan Sing Bio sudah sangat terkenal pengunjunnya bukan hanya dari Jawa namun seluruh Indonesia bahkan wisatawan luar negeri.



Diruang belakanng anda akan terpukau oleh pemandangan dari ruang terbuka yang sangat lias, disekelilingnya terlihat bangunan-bangunan didominasi warna merah kuning dengan gaya china dengan banyak patung seperti naga dan sebagainya baik dipondasi maupun diatap, ditengah halaman yang luas tedapat sebuah gedung yang dikelilingi kolam, wah tidak akan menyangka sama sekali kalau kita berada di tuban. Saat ini kawasan klenteng kwan sing bio diperluas tanah belakang yang dulu adalah sawah atau tempat tinggal penduduk kini telah dibeli dan digunakan untuk membangun gedung megah serta halaman belakang yang sangat luas. Dengan kemegahannya kleanteng kwan sing bio kini bukan hanya sebagai tempat ibadah namun juga dapat digunakan sebagai tempat wisata gratis he he...

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by ║TUBAN║☻MY LIFE and MY FUTURE☻